Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak mengenal surut meskipun di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini. Salah satu bisnis kuliner yang bisa kita mulai dengan modal kecil adalah bisnis makanan ringan atau camilan.

Makanan ringan atau camilan memang menjadi hal wajib untuk menemani aktivitas harian mulai dari bekerja, belajar hingga nonton film bagi sebagian orang. Karenanya kita bisa memanfaatkan peluang dari hal ini, bisnis camilan juga bisa dilakukan oleh semua kalangan termasuk ibu rumah tangga.

Bisnis ini juga bisa menjadi peluang bagi ibu rumah tangga untuk membantu perekonomian keluarga. Selain relatif mudah dijalankan, bisnis camilan juga bisa menjadi bisnis dengan modal yang minin namun menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Bahkan sekarang ini bila Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin berbisnis, masalah mendapatkan permodalan bukan menjadi hal yang sulit lagi. Kini telah hadir fintech Amartha yang berfokus pada Investasi UMKM khususnya yang dijalankan oleh kalangan ibu rumah tangga.

Dengan program #100RibuSejutaPeluang yang tengah dijalankannya, Amartha memberikan kemudahan permodalan dan investasi untuk mendukung UMKM Indonesia.

Kiat dan Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan Untuk Pemula

Sebelum memulai bisnis makanan ringan, Anda harus tahu jenis camilan apa yang akan dicoba dan bagaimana permintaan pasarnya. Untuk memaksimalkan peluang, Anda bisa mencari camilan yang banyak diminati pasar namun produsennya terbatas. Selain itu, perhatikan pula beberapa kiat dan cara memulai bisnis makanan ringan berikut untuk mendapatkan kesuksesan :

1. Jaga kualitas produk

Kualitas produk akan mempengaruhi minat konsumen, karenannya pastikan bahan yang digunakan berkualitas baik, diproses dengan pengolahan yang tepat dan kemasan yang menarik. Sebagai saran, Anda bisa melakukan riset pasar lebih dulu untuk mengetahui minat konsumen dan bagaimana kualitas kompetitor.

2. Jangan malas berinovasi

Salah satu kunci sukses bisnis makanan ringan adalah terus melakukan inovasi pada produknya. Dengan terus berinovasi tentunya produk Anda akan berbeda dengan kompetitor dan mempunyai banyak varian untuk konsumen. Selain itu konsumen juga akan mudah mengenali produk dari bisnis Anda.

3. Jalin relationship dengan konsumen

Jangan malas untuk menjalin relationship dengan konsumen Anda, agar nantinya konsumen mau membeli produk Anda lagi bahkan menjadi pelanggan tetap. Menjalin relationship bisa dengan memberikan pelayanan terbaik, murah senyum ketika bertemu, serta memberikan kesan mendalam.

Dengan semakin berkembangnya sosial media, manfaatkan pula platform yang satu ini. Jangan segan untuk berteman atau saling memfollow akun sosial media konsumen Anda. Agar hubungan tidak sekedar jual beli, Anda juga dapat mengomentasi postingan maupun story konsumen untuk menciptakan kesan mendalam.

4. Gunakan strategi yang tepat

Selain menjalin hubungan baik dengan konsumen, bagaimana strategi bisnis camilan Anda juga akan mempengaruhi perkembangan bisnis. Beberapa strategi bisnis yang bisa Anda terapkan adalah seperti memberikan diskon atau promo atau sampel gratis dengan syarat khusus, menambah bobot camilan, hingga melakukan endorse.

5. Pastikan jenis camilan memang Anda kuasai

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah pastikan jenis camilan yang dijadikan bisnis memang Anda kuasai, khususnya dalam proses pembuatannya. Dengan menguasainya tentu Anda akan lebih mudah untuk mengefisienkan waktu pembuatan dan tenaga. Sehingga Anda akan mempunyai cukup waktu untuk berinovasi maupun melakukan promosi produk.

Selain lebih mudah untuk dikelola, bisnis camilan juga merupakan bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil bahkan mulai dari 100 ribu saja. Dengan pengelolaan dan manajemen yang baik, modal kecil ini bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan untuk penghasilan tambahan.

Tidak hanya itu, modal kecil itu juga bisa Anda gunakan untuk berinvestasi guna kemajuan UMKM Indonesia. Bersama Amartha, modal 100 ribu Anda akan menjadi Sejuta Peluang untuk memajukan UMKM Indonesia khususnya yang dijalankan oleh ibu rumah tangga di program #100RibuSejutaPeluang. Untuk info lebih lengkap kunjungi saja https://amartha.com/ dan jadilah bagian dalam memajukan UMKM Indonesia bersama Amartha.

Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan Untuk Pemula Agar Sukses
Ditag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.