Walaupun semua sekolah bertujuan untuk memberikan pendidikan yang layak ,tiap-tiap sekolah tentunya memiliki fasilitas dan program yang berbeda. Namun, ada perbedaan yang cukup besar antara sekolah nasional dan sekolah internasional. Berikut ini merupakan perbedaan yang ada di antara sekolah nasional dan sekolah internasional di Jakarta.

Kurikulum Dan Sistem Pembelajaran

Sistem pembelajaran di sekolah internasional biasanya bersifat lebih interaktif. Proses pembelajaran cenderung dilakukan dua arah. Sedangkan sistem pembelajaran pada sekolah nasional biasanya masih terfokus pada kemampuan para staf pengajar dalam menyampaikan materi.

Global Sevilla sebagai sekolah internasional, melengkapi kurikulumnya dengan program mindfulness. Program mindfulness di Global Sevilla telah terbukti dapat membawa pengaruh positif terhadap kesehatan dan kebahagiaan siswa mereka. Melalui program ini, Global Sevilla memfasilitasi siswanya untuk mencapai keberhasilan di bidang akademi dan sosial dengan lebih mudah.

Bahasa Pengantar Sehari-hari

Sekolah berstandar internasional biasanya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam proses pembelajaran sehari-harinya. Walaupun sekolah nasional biasanya pada umumnya tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, bahasa Inggris tetap termasuk di dalam kurikulum sekolah nasional.

Fasilitas Penunjang

Sekolah internasional pada umumnya memberikan fasilitas lebih lengkap yang dapat menunjang kebutuhan siswanya dibandingkan sekolah lokal. Sekolah internasional di Jakarta seperti Global Sevilla international school di jakarta yang menyediakan berbagai fasilitas indoor dan outdoor seperti kolam renang, lapangan basket dan lainnya.

Sedangkan fasilitas pada sekolah lokal atau sekolah nasional sangat bergantung pada anggaran dana pendidikan dari pemerintah. Meskipun begitu, sekolah nasional biasanya masih menyediakan fasilitas dasar yang cukup lengkap seperti sarana olahraga, kantin, dan tempat-tempat lainnya yang dapat menunjang proses pembelajaran siswa.

Kesempatan Akademis

Siswa di sekolah internaasional umumnya memiliki kesempatan lebih besar untuk bersaing di tingkat internasional. Sebagian besar sekolah internasional bahkan sudah memiliki hubungan kerjasama dengan universitas tertentu sehingga memungkinkan para siswanya untuk memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima di universitas tersebut.

Lingkungan Di Dalam Sekolah

Sekolah internasional biasanya memiliki murid yang berasal dari berbagai negara dengan latar belakang yang berbeda sehingga memungkinkan adanya keberagaman budaya di dalam lingkungan sekolah. Sedangkan lingkungan di sekolah nasional cenderung lebih monoton.

Keberagaman budaya di sekolah dapat memberikan siswa sudut pandang yang lebih luas yang mungkin tidak didaptkan di sekolah nasional. Karena adanya keberagaman budaya ini, Global Sevilla sebagai sekolah internasional di Jakarta menawarkan proses pembelajaran yang dipersonalisasi agar kebutuhan tiap-tiap pelajar dapat terpenuhi dengan baik.

Sekolah nasional dan internasional bisanya berbeda dalam hal sistem pembelajaran, kesempatan akademis, lingkungan, bahasa pengantar dan fasilitas dalam sekolah. Masing-masing anak memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda agar proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Orangtua sebaiknya memilih sekolah dengan bijak agar proses belajar-mengajar berjalan sempurna.

Sekolah Nasional VS Internasional, Pilih Mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.